Sunday, December 23, 2012

Kisah Microsoft vs Apple

Pada tahun 1974 dan 1975, dunia menegang. Setidaknya di masing-masing tahun, ada dua tokoh terdepan yang saling sikut untuk mendapat julukan “penguasa”.

Di tahun 1974, komik Doraemon mulai beredar ke pasaran. Komik tersebut menceritakan tentang kehidupan seorang anak SD pemalas dan bodoh bernama Nobi Nobita yang selalu beruntung meskipun ada banyak masalah yang ia dapat. Beruntungnya Nobi Nobita jelas bukan karena usahanya sendiri, karena dijamin untuk menghitung 1+1 saja Nobi Nobita perlu berpikir 5 bulan sebelum akhirnya bunuh diri karena tekanan. Semua itu melainkan karena bantuan dari alat canggih abad ke-22 milik Doraemon si robot kucing. Akan tetapi, satu masalah yang tidak bisa Doraemon bantu adalah masalah yang Nobi Nobita dapat karena adanya Hidetoshi Dekisugi.

Sementara di tahun 1975, dunia teknologi bisa dibilang merayakan sweet seventeen-nya. Bukan karena memang saat itu teknologi baru berumur tujuh belas tahun, melainkan umur tujuh belas tahun adalah waktu yang pas untuk merayakan pesta. Begitu juga dengan dunia teknologi yang saat itu pas untuk merayakan pesta. Tepatnya pada tanggal 4 april, telah lahir sebuah perusahaan yang merupakan alasan mengapa dunia teknologi pas untuk merayakan pesta. Iya, Microsoft saat itu lahir diprakarsai oleh Bill Gates dan Paul Allen di Albuquerque, New Mexico. Dan ajaibnya! Tidak lama setelah itu, lahir pula perusahaan yang akan jadi tandingan untuk Microsoft. Iya, Apple saat itu lahir diprakarsai oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ron Wayne di Cupertino, California, Amerika Serikat.

Pada tahun 1974 dan 1975, dunia menegang. Setidaknya di masing-masing tahun, ada dua tokoh terdepan yang saling sikut untuk mendapat julukan “penguasa”. Pertama: Nobi Nobita dan Hidetoshi Dekisugi yang saling sikut untuk mendapat julukan “penguasa” di hati Shizuka Minamoto. Kedua: Microsoft diwakili Bill Gates dan Apple diwakili Steve Jobs yang saling sikut untuk mendapat julukan “penguasa” di dunia teknologi. Siapa yang akan jadi “penguasa”? Terlalu mudah untuk menjawab yang pertama. Jelas Nobi Nobita pada akhirnya akan menjadi “penguasa” karena dia adalah tokoh yang paling utama. Sementara untuk menjawab yang kedua? Siapa yang merupakan tokoh paling utama? Microsoft yang diwakili oleh Bill Gates, atau Apple yang diwakili oleh Steve Jobs?

gambar diambil dari google

Sudah banyak orang di dunia ini yang mengakui persaingan antara Microsoft dan Apple. Dari tahun 1975-sekarang, masyarakat pun tentu akan bingung siapa yang lebih layak untuk disebut “penguasa”. Sejak tahun 1975-1980, Apple adalah “penguasa”. Di rentang tahun tersebut, Apple meluncurkan karya terlebih dahulu yang bernama Apple 1, Apple 2, dan Apple 3—saham Apple mencapai USD 4,6 juta saham, dengan Steve Jobs sebagai pemegang saham terbesar. Sementara Microsoft, baru memulai pergerakannya pada tahun 1981.

Apple I. Gambar diambil dari google

Apple II. Gambar diambil dari google

Apple III. Gambar diambil dari google

Sebenarnya, pergerakan awal Microsoft mirip seperti Bapak Atjeng, Bupati Gayut. Sama-sama kurang ajar. Di tahun 1981, Bill Gates bertemu dengan petinggi IBM (International Business Machines Corporation) untuk membicarakan produk yang dibutuhkan oleh IBM. Padahal, Bill Gates sama sekali tidak punya ide sekecil pun untuk membuat produk yang dibutuhkan IBM. Sampai akhirnya Bill Gates kebingungan untuk menepati janji ke IBM. Beruntung Paul Allen saat itu menemukan software house kecil di Amerika yang menjual produk yang dibutuhkan oleh IBM—produk tersebut adalah sebuah program XDOS. Gates dan Allen akhirnya membeli XDOS kemudian mereka jual kembali kepada IBM dengan mengganti lisensinya menjadi MS DOS. Apa Nobelers? Tepat. Awal pergerakan Microsoft adalah dengan membajak dan mencuri.

Tahun 1982, Microsoft kembali melakukan keahliannya: membajak dan mencuri. Apple yang selalu selangkah di depan daripada Microsoft, membuat Gates gerah dan akhirnya menemui Jobs. Mungkin Gates memang ulung dalam urusan menggombal. Sampai-sampai Jobs rela menunjukkan dan MEMBERIKAN prototype yang sedang dikembangkan oleh Apple. Mungkin saat itu situasinya seperti ini:
Gates: “Jobs, papah kamu Albert Einsten, ya?”
Jobs: “kok tau?”
Gates: “karena kamu... telah meng-E=mc²-kan hatiku.”
Jobs: “ah, kamu so sweet! Ini aku kasih lihat prototype-nya!”
Ya... bisa saja seperti itu.
Jobs akhirnya mengetahui bahwa apa yang dilakukan Gates adalah untuk mencuri ide yang ia punya. Karena ketika Gates sedang di podium untuk pidato peluncuran komputer Apple, Jobs mendapat kabar bahwa di Jepang sudah beredar komputer dengan program yang mirip dengan produk Apple itu. Dan ternyata program tersebut adalah Microsoft Windows milik Gates. Jobs kemudian melabrak Gates dengan marah besar. Namun dasar Gates yang ulung dalam urusan menggombal, jadi ia hanya menjawab: “hey, semua mobil kan ada stirnya. Tapi pencipta stir gak pernah protes, tuh!”

Setelah itu sampai tahun 1985, Microsoft dan Apple silih berganti mengeluarkan karyanya. Microsoft memulai dengan membuat MS DOS yang bisa dijalankan di beberapa jenis komputer yang berbeda, lalu Apple tidak mau kalah sehingga membuat Lisa yang sistem operasinya sudah GUI (Graphical User Interface), tak beberapa lama Microsoft mengumumkan akan mengeluarkan sistem operasi GUI juga, Apple meluncurkan Macintosh PC, Microsoft mengumumkan peluncuran program Word, Multiplan, Basic dan lain-lain yang semuanya dapat berjalan dengan baik di Machintosh, Apple kembali melakukan inovasi dengan adanya Macintosh 128k dan Lisa 2 yang sama-sama bersistem operasi GUI dan mouse, Apple kembali melakukan inovasi dengan adanya Macintosh 512k, Microsoft perlahan tapi pasti dengan munculnya Microsoft Windows 1.0, dan hingga akhirnya Jobs memutuskan keluar dari Apple untuk mendirikan NeXT Inc—setahun setelahnya, Jobs berhasil mengakuisisi Pixar Animation Studios.

Lisa. Gambar diambil dari google

Microsoft Office pertama. Gambar diambil dari google

Windows 1.0. Gambar diambil dari google

Setelah Jobs mengundurkan diri dari Apple, “penguasa” diambil sepenuhnya oleh Microsoft sampai tahun 2010. Meskipun awal-awalnya tahun 1986, Apple tetap tidak mau kelihatan “kalah” meski sudah ditinggal Jobs. Macintosh plus pun diluncurkan oleh Apple. Sayang penjualan Microsoft Windows 1.0 memang gila, bahkan di tahun 1987, Bill Gates dinobatkan sebagai Miliarder Termuda.

Lebih ringkasnya persaingan Microsoft dan Apple sampai tahun 2010:

1987:
Microsoft meluncurkan Windows 2.0.

1989:
Apple meluncurkan Macintohs portable.

1990:
Microsoft meluncurkan Windows 3.0. Windows 3.0 mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS DOS secara serentak (multitasking), karena memang pada versi ini telah diperkenalkan memori virtual. Versi ini menjadikan IBM PC dan kompatibelnya penantang serius terhadap Apple Macintosh. Hal ini disebabkan dari peningkatan performa pemrosesan grafik pada waktu itu—dengan adanya kartu grafis Video Graphics Array (VGA) dan juga modus terproteksi/modus 386 Enhanced yang mengizinkan aplikasi Windows untuk memakai memori lebih banyak dengan cara yang lebih mudah dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh MS DOS.

1991:
Macintohs classic II diluncurkan.

1992:
Bill Gates dinyatakan sebagai orang terkaya di dunia oleh Forbes.

Bill Gates. Gambar diambil dari google

1993:
Microsoft meluncurkan Windows NT 3.1 dengan pengguna lebih dari 25 juta user didunia.

1994:
Microsoft Office menjadi produk nomer 1 dengan penjualan lebih dari 7 juta unit.
Apple merilis PowerMac generasi pertama yang memperkenalkan procesor PowerPC 601.

1995:
Windows 95 dirilis menampilkan UI baru, "Plug & Play" design, dan Internet Explorer.

1996:
Apple membeli NeXT, akhirnya Steve Jobs kembali ke Apple.

1997:
Jobs & Gates membentuk perjanjian termasuk kesesuaian antara tools di MS dan Mac. MS berinvestasi 150.000 k.
Steve Jobs menguasai Apple dan menjadi CEO perusahaan.
Apple memperkenalkan Apple Store online.

1998:
Microsoft merilis Windows 1998.

2000:
Gates mundur dan menjadi kepala arsitek software. Steve Ballmer menjadi CEO dan Presiden.

2001:
Microsoft Windows versi XP diluncurkan.
Videogame Microsoft konsol Xbox diluncurkan juga.
Pada tahun yang sama Mac OS X dirilis.
Apple memperkenalkan Ipod, generasi pertama mp3 player yang langsung sukses dipasaran.

Ipod pertama. Gambar diambil dari google

2005:
Ratu Elizabeth II menganugerahkan gelar ksatria pada Gates. Dia juga disebut "Person of the Year" pada tahun ini.
Microsoft merilis Xbox 360.

2006:
Apple merilis MacBook.
Microsoft meluncurkan Windows Vista.

2007:
Apple rilis smartphone pertama dengan kemampuan touchscreen.

2008:
Bill Gates pensiun dari Microsoft setelah lebih dari 30 tahun, untuk fokus terutama pada filantropi.

2009:
OS terbaru Microsoft Windows 7 dirilis terutama sebagai upgrade ke pendahulunya Windows Vista.

2010:
Apple merilis generasi pertama komputer tablet. Dikendalikan oleh tampilan multitouch.
Akhirnya, Apple berhasil mengungguli Microsoft sejak 1991.

Steve Jobs dan tablet. Gambar diambil dari google

2011:
Microsoft mulai memperkenalkan Windows 8 secara bertahap.

2012:
Bulan Oktober, Microsoft resmi meluncurkan Windows 8 ke seluruh dunia.
Bulan November, Microsoft meluncurkan Microsoft Surface Tablet, yang merupakan gabungan antara PC dan Tablet. Ini diprediksi akan dapat mengungguli IPad.

Microsoft Surface Tablet. Gambar diambil dari google

Pada akhirnya, siapa yang telah ditakdirkan Tuhan sebagai tokoh yang paling utama? Siapa yang akan menjadi “penguasa”? Apakah Microsoft yang diwakili oleh Bill Gates, atau Apple yang diwakili oleh Steve Jobs, yang berhasil menyusul Nobi Nobita sebagai tokoh paling utama dan “penguasa”?

gambar diambil dari google

PATUT DITUNGGU....



P.S: #VideoTeknobelia: Bill Gates vs Steve Jobs
       #KomikTeknobelia: Microsoft vs Apple

3 comments:

  1. alay lu bahasanaya dasar fantik jepun

    ReplyDelete
  2. alay banget sih FUCK

    ReplyDelete
  3. Apa cuma gue yang baca ketawa ketawa sendiri😂😂

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...